3 Tips Diet untuk Orang Gemuk bagi Tipe Endomorph


3 Tips Diet untuk Orang Gemuk bagi Tipe Endomorph. Setiap orang tentunya menginginkan postur badan yang sempurna. Bagi kebanyakan orang postur badan yang sempurna dinilai dari tinggi badan, dada yang bidang, lengan & paha yang slim, dan ukuran perut yang normal. Tetapi untuk mendapatkan itu semua, bukan suatu proses yang mudah. Apalagi bagi sebagian golongan orang yang bertubuh gemuk.
Sebelum saya membagi tips diet bagi orang yang gemuk, saya ingin menjelaskan 3 macam tipe tubuh manusia. Tiga macam tubuh tersebut adalah Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph.
Tipe Tubuh Manusia
Bagi orang yang memiliki tubuh ectomorph dan mesomorph ciri kegemukan sangat jarang ditemui. Biasanya tipe badan tersebut hanya akan mengalami kebuncitan & tidak memiliki tubuh yang gemuk secara merata. Akan tetapi berbeda dengan tipe Endomorph, tipe tubuh mereka memang telah besar dan butuh ekstra kerja keras untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pada bahasan kali ini saya akan memberikan tips diet bagi orang yang bertubuh gemuk, khususnya tipe endomorph.
1. Pergi ke Pusat Olah Raga
Bagi orang yang gemuk tipe ini, olah raga sangat dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan diet. Kalori yang harus dibakarpun lebih banyak dari tipe yang lainnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi saya, minimal pembakaran per hari yang harus dilakukan dari aktivitas olah raga yaitu 200 kalori. Dengan catatan porsi makan pagi, siang, dan malam harus dikurangi. Olah raga yang dilakukan sebaiknya didahului angkat beban dan ditutup dengan kardio (lari/sepeda) dengan proporsi 70% dan 30%. Olah raga cukup 1,5 jam dan 4 hari dalam seminggu.
2. Tipe Makanan
Faktor makanan sangat menentukan. Terkadang ada beberapa orang yang makan sedikit tetapi badan tetap melar. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena tidak disiplin. Orang tipe endomorph akan sangat cepat gemuk apabila makan sesuatu yang berminyak dan lemak serta didukung oleh porsi yang banyak. Jadi walaupun anda makan 1 hari sekali tetapi dengan porsi minyak, lemak, dan porsi jumbo hasilnya dapat dipastikan NOL. Jadi kurangi makanan yang mengandung minyak, lemak, dan porsi jumbo. Serta perbanyak konsumsi air mineral, karena akan berperan dalam membuang lemak dalam tubuh.
3. Waktu Makan
Sering kali orang menghindari makan 3x sehari dengan harapan akan cepat kurus. Apakah benar? tentu tidak. Tubuh anda perlu nutrisi untuk berkembang. Terutama protein yang banyak untuk membentuk otot. Sehingga mengurangi jam makan bukanlah solusi yang efektif. Saran saya adalah makan pagi dan siang tetap anda lakukan, tetapi untuk makan malam yang harus anda batasi dan ganti dengan konsumsi buah.

Sekian tips dari saya. Dengan mengikuti 3 pola tersebut saya turun 11 kilo hanya dalam 2 minggu. Intinya tetap pada keyakinan dan disiplin anda dalam menjalankannya. Terima Kasih

1 comment: