Gimana sih Rasanya Kuliah di STAN?


Manis, asam, dan pahit. 3 Kata itu bisa jadi hal yang akan kalian rasakan saat kuliah di STAN atau sekarang namanya udah menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Kok bisa gitu? Bukannya banyak banget orang yang mau kuliah di sini mas? Bukannya ini kampus yang idaman kebanyakan anak-anak setelah lulus nanti? Wait, sabar dulu ya. Nanti gw jelasin.
Gambar terkait
Wisuda STAN Tahun 2016
Sebelum mulai kenalan dulu kali ya. Nama gw Yusuf Agung Viranda. Gw anak kampung dari daerah yang mungkin asing di telinga kalian. Namanya Kab. Lahat. Walaupun gw dari daerah yang asing, tapi STAN merupakan tempat kuliah paling favorit loh ya. Gw udah punya cita-cita masuk STAN saat SMA kelas 1. Alasannya simpel, ya sama kayak kalian: Pengen kuliah gratis & cepet kaya! Naif ya.
Singkat cerita tahun 2013 gw ikut USM STAN dan lulus di Jurusan D3 Akuntansi. FYI ada beberapa jurusan favorit yang ada di STAN misalnya D3 Pajak, Akuntansi, dan Bea Cukai. Setelah kelulusan, gw wajib daftar ulang terus ospek atau dulu namanya Dinamika (studi perdana memasuki kampus). Ospeknya didampingi oleh Kopassus! Edan kan ya? Gw gabakal bilang Ospeknya enak, karena capek banget. Tapi jangan mikir yang negatif dulu ya, isinya mendidik kok. Kalian bakal diperlakukan sebagaimana mestinya mahasiswa, ya dibuat pinter ga disuruh ngelakuin hal-hal konyol.
Setelah ospek, kalian bakal menjalani masa kuliah. Kalo D3 ya 3 tahun sedangkan D1 ya 1 tahun. Tahun pertama di STAN tentunya menyenangkan dong ya. Ketemu temen-temen dari seluruh Indonesia yang punya ciri khas masing-masing. Kalo masalah akademik gausah diraguin lagi, basicnya anak STAN emang pinter-pinter kok. Kalo ada yang kelihatannya ga pinter karena males aja di kampus.
Perkuliahan di STAN itu kerasa ga berat kok. Loh katanya diatas manis, asem asin kok gitu? ya kalo pas hari biasa gada ujian ga berat manis aja gitu. Temen-temen pada baik, makanan dan jajanan banyak, mall juga ada 3 biji, internet kenceng, ada klinik buat berobat gratis, ekstra juga banyak pokoknya kampus terbaik lah.
Nah asem sama pahitnya kalo lagi ujian. Gw inget banget masa paling susah buat kuliah itu saat tingkat 2. Pelajaran udah makin kompleks dan makin banyak tentunya. Gw inget saat mid semester itu ujian Akuntansi Keuangan Menengah I, satu kelas nilai ujiannya ga ada yang dapet diatas 50. Edan, alamat DO kan ya. Itu kalo lagi ujian satu minggu lebih pas semesteran gw tidur paling cuma 4 jam + istirahat buat makan solat doang. Jalanan sepi, masjid rame haha. Karena di STAN ga main-main kalo masalah ancaman DO. Lo nilai kecil ya DO tamat, selesai cerita.
Hasil gambar untuk capacity building stan
Capacity Building tahun 2013
Kalo diluar sana ada yang bilang, oh kuliah di STAN mah santai. Iya santai bener, kalo ga pada ujian. Kalo ujian ya jangan coba-coba deh. Di tingkat 2 juga gw ngerasain harus kehilangan beberapa temen yang kena DO karena nilai ga mencukupi dan ada yang ketahuan mencontek. FYI lagi nih, di STAN HARAM hukumnya mencontek. Sekali ketauan mending segera angkat koper. Ga ada kompromi.
Oke diatas kondisi saat kuliah, sampe tingkat 3 ya begitu terus. Suasana kuliah ya kalo lagi ujian begitu, kalo lagi ga ujian dan dikelas ya seru. Kita juga biasanya kalo ada libur panjang jalan ke puncak, anyer, ancol dll. Refresing lah ya. Selain itu juga ada yang namanya Capacity Bulding. Gw gabilang ini enak, tapi bisa kasi pengalaman ke kalian yang nantinya bisa diceritain ama adek-adeknya nanti.
Terus spesialnya di STAN nih, setelah tamat kalian bakal langsung kerja dan ditempatin di Kemenkeu dan Kementerian lain/Badan tertentu. Intinya langsung kerja lah ya. Buat kalian yang gamau bebanin orang tua ya ini adalah jalan yang benar buat kalian. STAN pilihan terbaik deh. Buat yang baca dan lagi usaha buat masuk STAN inget kata-kata gw. Ga ada yang namanya kebetulan, yang ada usaha. Gw mau masuk STAN harus persiapan setiap hari dalam waktu 3 bulan. Sehari gw bisa nyelesain bahas soal sampe 200 soal. Jadi kalo ditanya ada yang kebetulan, ya bisa jadi dia jenius atau emang lucknya tinggi. Tapi apa iya kalian mau pilih jalan yang begitu? Jadi usaha ya jangan nyerah.
Setahun setelah lulus STAN tahun 2018
Gw sekarang udah kerja dan lagi usaha buat lanjut D4 di STAN doakan lulus ya. Jadi belajar lagi, ga ada kata berhenti buat belajar. Kalo ditanya gimana rasanya kerja? Ya enak, bisa beli apapun yang kalian mau dan meringankan beban orang tua. Bayangin seneng kan ya kali duit dobel digit ke orang tua tiap bulan? Bangga luar biasa. Disaat temen-temen kalian masih pada kuliah dan bahkan parahnya ga karuan kalian insya allah udah jelas masa depannya. Jadi berusahalah. Gw ngucapin terima kasih banyak ama STAN. Manis, asem, pahit ya jadi makanan wajar. Tapi gw syukurin

No comments