Rasanya Kerja di Kementerian "Sultan"

Pada beberapa media sosial yang khususnya sering bahas seputar kehidupan PNS, Kementerian Keuangan sering dijuluki Kementerian "Sultan". Gw khususnya ga tau kenapa orang-orang sering bilang seperti itu, tapi lucky guess gw ya karena Take Home Pay (THP) dari Kementerian Keuangan yang luar biasa bikin ngiler.

Sebelum gue bahas lebih jauh, statement diatas langsung tak konfirmasi deh. Apa bener sespektakuler itu? ya bener. Itu kalo perbandingannya dengan PNS daerah yang APBDnya sangat minim. Tapi banyak lo yang penghasilan PNS daerah yang lebih dari Kemenkeu, sebut aja DKI Jakarta. Ga heran sih, pendapatan asli daerah DKI aja udah selangit. Nah buat dibandingin dengan Kementerian/Lembaga (K/L) yang lain gimana? Oke gue jawab, memang secara THP, Kemenkeu masih menduduki K/L yang ngasih THP cukup gede. Kalo gue breakdown komponen THP yang gw bahas itu ya penghasilan bulanan seperti Gaji Pokok + Tunjangan Kinerja + Uang Makan + Uang Lembur. Penghasilan yang berasal dari honorarium, perjalanan dinas, dan yang lain ga gue hitung ya.

Terus bang bagi gue yang dari kecil bercita-cita punya duit banyak harus kerja di Kemenkeu? No big no. Nih gue jelasin, mau kaya ya gabakal bisa kalo jadi PNS. Tapi tetangga gw kaya bang? Ya mungkin dia punya usaha atau hahahah. Pastinya kalo mau kaya gabisa kalo cuma jadi PNS yang lurus ya. Gw bilangin nih, udah kerja di Kemenkeu gue juga belum bisa tuh beli Pajero, Fortuner, rumah mewah. Ya masih biasa-biasa aja. Tapi alhamdulillah cukup untuk hidup. Ga kekurangan. Alhamdulillah makasi banget sama Negara. 

Lebih lanjut gue coba buka mata kalian ya, sebenernya banyak banget K/L selain di Kemenkeu yang sebenernya kalo penghasilan bulannya ditotal itu lebih dari Kemenkeu. Kok bisa bang? Gini dari THP diatas kan belum termasuk honor, perjalanan dinas, dan uang yang lain. Ada lo K/L yang kerjaannya Dinas Luar terus dan mereka juga jadi Tim ABC yang juga ada honor tambahan. Kalo ditotal itu jauh lebih dari penghasilan orang di Kemenkeu. Jadi nih buat kalian yang orientasinya penghasilan ya banyak opsi kok. Ga harus di Kemenkeu. Lagian nasehat dari gue jangan terlalu kejer duit deh, kerja aja yang bener, tambah ilmu yang banyak dan tingkatin kapasitas diri. Tar duit juga bakal dateng sendiri ke kalian. Oke?


Udah ngomongin penghasilan, gw bakal bahas gimana sih lingkungan kerja di Kemenkeu. Jadi di Kemenkeu itu terdiri dari berbagai Eselon I. Sebut aja yang paling Top: Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan yang lain. Nah gue kerja di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Kerjaanya yang paling umum adalah nyalurin APBN ke seluruh masyarakat. Contohnya: nyalurin gaji ASN pusat tiap bulan, nyalurin Dana Alokasi Fisik dan Dana Desa, kelola UMi dan masih banyak lagi. 

Pengalaman kerja di Kemenkeu sih sangat luar biasa ya. Mulai dari budaya kerja yang udah sangat profesional. Di Kemenkeu, SDMnya udah luar biasa sangat hebat. Mereka pada pinter-pinter dan menguasai bidang pekerjaan masing-masing. Tiap tahun mereka juga punya target kinerja yang harus dicapai dan dituangin dalam Kontrak Kinerja yang diwujudin dalam Indikator Kinerja Utama (IKU). Jadi gabisa tuh PNS di Kemenkeu ga kerja buat nyelesain pekerjaan. Karena wajib capai IKUnya masing-masing tiap tahun. Pimpinan di Kemenkeu juga udah mulai merancang sistem Flexible Working Space (FWS), yang artinya pegawai bisa kerja dimana aja dan kapan aja ga harus ke kantor. Namun sekarang masih masa pencanangan ya. Kalo pada praktiknya pimpinan juga ngebebasin pelaksana buat menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang paling baik dan efisien. Apalagi sejak Pandemi COVID-19, pegawai bisa kerja dari rumah kapanpun dan dimanapun. Tapi tetep output pekerjaan harus mereka jaga. Karena ya ada IKU tadi.


Pengembangan minat dan bakat juga sangat dibuka selebar-lebarnya. Kamu yang jago IT pasti dapet banget tempat di Kemenkeu, karena seluruh pekerjaan di Kemenkeu mulai bergeser ke penggunaan IT. Buat yang jago Public Speaking ini juga biasanya juga diminta buat Vlog dan berkreasi di media sosial kantor. Buat yang jago seni juga apalagi, pimpinan di Kemenkeu sering banget nih buat jaring talent di bidang ini. Beasiswapun banyak ditawarin oleh Kemenkeu buat seluruh pegawai secara fair dan terbuka. Jadi buat kalian yang pengen meningkatkan kapasitas diri pasti sangat senang di Kemenkeu.

Next promosi jabatan. Sepanjang yang gue tau, selama kalian pinter dan menguasai bidang pekerjaan kalian bakal naik cepet. Gausah sogok sana sogok sini buat jadi pejabat. Bebas KKN deh. Makanya ga heran hampir seluruh pimpinan di Kemenkeu pada pinter-pinter. Lo jarang banget sekarang buat nemuin pimpinan yang gabisa mainin komputer. Semuanya pada canggih. Bahkan anak muda kalah update sama yang tua. 

Mungkin itu aja yang bisa gue ceritain tentang Kemenkeu ya. Lebih kurang gue minta maaf. Kalo mau ngobrol tanya-tanya tentang Kemenkeu feel free aja buat tanya. IG gue : yusufviranda_. Makasi bye.




No comments