Tips Sebelum Membeli Laptop

Tips Sebelum Membeli Laptop. Membeli laptop bukan perkara yang mudah. Hal ini disebabkan oleh spesifikasi yang ditawarkan oleh masing-masing produsen laptop. Harga laptop produsen A dan produsen B yang pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama dapat memiliki harga yang berbeda. Bahkan dalam satu merk, laptop seharga 5 jutaan dapat memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan harga 6 jutaan. Sehingga pelanggan sering terjebak dengan iming-iming marketing dan lebih memilih laptop 6 jutaan, padahal dari segi kebutuhan laptop 5 jutaan sudah sangat mendukung kegiatan konsumen. Oleh sebab itu, pengetahuan konsumen terhadap spesifikasi dan jenis laptop yang ia beli mutlak harus dimiliki sebelum memilih laptop mana yang benar-benar ia butuhkan.

Berikut beberapa pengetahuan dasar yang harus jadi pertimbangan saat ingin membeli laptop :
1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan.
Pertimbangan pertama adalah kebutuhan. Untuk apa anda membeli laptop. Berikut beberapa pertimbangan yang mungkin menurut saya :
a. Keperluan Sekolah dan Kantor.
Pemakaian seperti rumahan dan kantor tentunya tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang sangat tinggi. Kebutuhan seperti browsing, musik, office, dan menonton film merupakan aktivitas yang ringan dan dapat dijalankan oleh berbagai tipe laptop apapun saat ini. Budget yang harus anda siapkan tentunya tidak terlalu banyak. Namun harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk keperluan ini adalah tentang daya tahan baterai, jangkauan wifi, dan garansi. Biasanya laptop seperti ini berkisar antara harga 3 juta - 5 juta rupiah.
b. Laptop Desain Grafis.
Pemakaian untuk aktivitas ini tentunya akan membutuhkan budget dan spesifikasi yang lebih tinggi dari pada keperluan sekolah dan kantoran. Beberapa pertimbangan dalam memilih laptop jenis ini adalah RAM DDR3 (minimal 4GB) upgradeable,  Graphic Card Nvidia GeForce (seri 940 keatas lebih baik) atau ATI Radeon kapasitas > 2GB, dan processor Intel i5/i7 atau AMD (bagi yang ingin lebih murah). Harga laptop tipe ini berkisar antara 5 juta-9 jutaan. 
c. Laptop Gaming.
Untuk keperluan ini tentunya anda harus menyiapkan budget yang cukup besar. Apalagi bagi anda yang suka dengan tampilan graphic tinggi dengan game seperti GTA 5, The Witcher: Wild Hunt, AC: Unity, dsb. Hal yang anda harus perhatikan kurang lebih sama dengan Laptop grafis. Perbedaannya adalah carilah spesifikasi dengan RAM > 8GB, Graphic Card Nvidia (GTX series/950m keatas) atau AMD, dan Processor i5 atau lebih. Budget yang harus anda siapkan tentunya lebih dari 9 jutaan. 
2. Jenis Laptop
Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop seperti apa yang akan anda beli nantinya, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda punya tentunya. Mayoritas laptop saat ini memiliki kualitas dan performa yang mirip di kelas yang sama pula tentunya. Hal yang membedakan merka biasanya hanyalah harga jual/ harga merk. Contohnya: Laptop asus dengan Lenovo pada spesifikasi yang mirip tentu akan lebih murah Lenovo.
Tetapi beberapa sumber yang saya baca hal lain yang penting dalam mempertimbangkan merk adalah pelayanan saat service apabila ada kerusakan. Oleh karena itu pilihlah laptop yang memiliki toko service yang tersebar di wilayah anda saat ini. Sehingga memudahkan anda dalam melaporkan apabila ada hal yang tidak diinginkan.
3. Garansi & Service
Garansi adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Atau Dell, ketika laptop Anda rusak, akan diganti dengan laptop yang baru. Jadi pertimbangan ini juga harus anda perhatikan ya.
4. Survey Harga 
Penting bagi anda untuk survey harga sebelum membeli laptop. Karena diberbagai toko menyediakan harga yang beraneka ragam. Anda dapat memeriksa harga laptop yang mendekati harga pasar di beberapa toko online mangga dua. 

Itulah beberapa tips sebelum anda membeli laptop. Terima kasih.

No comments