Orientasi dan OJT di Ditjen Perbendaharaan

Orientasi Ditjen Perbendaharaan (DJPB) adalah sebuah program pengenalan tentang proses bisnis dan lingkungan kerja di DJPB yang diselenggarakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Tujuannya untuk membuat pegawai baru segera beradaptasi dan mengenal organisasinya dengan baik.
Kegiatan untuk pegawai baru TA 2016 diadakan di Hotel AONE Jakarta Pusat pada akhir November 2016. Bibit muda Ditjen Perbendaharaan ini diundang dan diberi fasilitas untuk melaksanakan orientasi selama 5 (lima) hari di hotel tersebut. Agenda utama dari kegiatan orientasi ini adalah penyampaian paparan tentang tupoksi masing-masing unit eselon 2 di Ditjen Perbendaharaan langsung oleh narasumber yang sangat kompeten. Contohnya saja Kasubdit, Kepala Kantor, dan Kepala Seksi Ditjen Perbendaharaan.
Pegawai OJT KPPN Jakarta IV
Pemaparan pertama dilaksanakan oleh unit eselon 2 yaitu Sekretaris Jenderal Perbendaharaan yang waktu itu diwakili oleh Bapak Teguh. FYI, Bapak Teguh merupakan orang yang paling dikenal di Ditjen Perbendaharaan. Hal ini dikarenakan beliau merupakan Kepala Bagian Kepegawaian di Perbendaharaan. Salah satu tugasnya adalah mengatur regulasi mutasi pegawai di Ditjen Perbendaharaan. Tentunya kebijakan mutasi di Ditjen Perbendaharaan merupakan ciri khas utama setelah reputasi Integritasnya di jajaran Eselon I Kementerian Keuangan.
Dapat dikatakan selama mengikuti kegiatan orientasi pegawai baru diberikan pembekalan berupa materi, hiburan, kegiatan yang menambah keakraban satu angkatan, dan konsumsi yang luar biasa sangat berizi. Kegiatan ditutup dengan evaluasi berupa pengerjaan tes seputar materi yang telah disampaikan selama acara berlangsung.

Hari Bakti Perbendaharaan
Bersama Bapk Zaid Kepala Kanwil Prov. Banda Aceh
(ex. Kepala KPPN Jakarta IV)
Usai acara orientasi, pegawai baru dikumpulkan di Gedung Jusuf Anwar untuk menerima arahan seputar pelaksanaan OJT yang kurang lebih akan dilaksanakan 11 bulan kedepan. Turut hadir Bapak Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, beserta pimpinan eselon II Ditjen Perbendaharaan. Seusai menerima arahan pegawai baru menyempatkan diri untuk berfoto bersama Pejabat Ditjen Perbendaharaan dan segera melaksanakan OJT di kantor masing-masing.

No comments